Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ucapan Idul Fitri

Idulfitri (bahasa Arab: عيد الفطر, translit. ‘Īd al-fiṭr‎) atau Lebaran di Indonesia adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriah. Karena penentuan 1 Syawal yang berdasarkan peredaran bulan tersebut, maka Idulfitri atau Hari Raya Puasa jatuh pada tanggal yang berbeda-beda setiap tahunnya apabila dilihat dari penanggalan Masehi. Cara menentukan 1 Syawal juga bervariasi sehingga boleh jadi ada sebagian umat Islam yang merayakannya pada tanggal Masehi yang berbeda.

Baca Juga : 

10 Gambar Ucapan Idul Fitri 2022, Mohon Maaf Lahir dan Batin

Umat Islam di Indonesia menjadikan Idulfitri sebagai hari raya utama, momen untuk berkumpul kembali bersama keluarga, apalagi keluarga yang karena suatu alasan, misalnya pekerjaan atau pernikahan, harus berpisah. Sejak dua pekan sebelum Idulfitri, umat Islam di Indonesia mulai sibuk memikirkan perayaan hari raya ini, yang paling utama adalah mudik atau pulang kampung sehingga pemerintah pun memfasilitasi dengan memperbaiki jalan-jalan yang dilalui. Idulfitri di Indonesia diperingati sebagai hari libur nasional, yang diperingati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang memang mayoritas muslim. Biasanya, penetapan Idulfitri ditentukan oleh pemerintah. Namun, beberapa ormas Islam menetapkannya berbeda. Idulfitri di Indonesia disebut dengan Lebaran, di mana sebagian besar masyarakat pulang kampung (mudik) untuk merayakannya bersama keluarga. Selama perayaan, berbagai hidangan disajikan. Hidangan yang paling populer dalam perayaan Idulfitri di Indonesia adalah ketupat, yang memang sangat akrab di Indonesia dan Malaysia. Bagi anak-anak, biasanya para orang tua memberikan THR kepada mereka. Selama perayaan, biasanya masyarakat berkunjung ke rumah-rumah tetangga ataupun saudaranya untuk bersilaturahmi, yang dikenal dengan "halalbihalal",[10] memohon maaf dan keampunan kepada mereka. Beberapa pejabat negara juga mengadakan gelar griya bagi masyarakat yang ingin bersilaturahmi.

  1. Bahkan jika saya berikan seluruh hidup dan harta yang ada, itu tidak akan pernah cukup untuk membayar lunas semua pengorbanan kalian. Mohon maaf atas segala kesalahan yang pernah anakmu lakukan. Selamat hari raya Idulfitri 1443 H.
  2. Di hari raya Idulfitri ini, ingin rasanya ku bersimpuh di kakimu untuk memohon ampun atas salah dan dosaku. Namun, keadaan tidak memungkinkan kita untuk bertemu. Selamat lebaran ayah dan ibu, semoga keberkahan senantiasa mengiringi kalian.
  3. Selamat hari raya Idulfitri 1443 H ayah dan ibu. Meski kita terpisah oleh jarak, namamu akan selalu terselip dalam doaku. Mohon maaf lahir batin atas segala keselahanku sebagai anak selama ini.
  4. Bulan Ramadan kini sudah usai, saatnya kita memulai awal yang baru dan lebih segar. Semoga keluarga kita senantiasa mendapat perlindungan dari Allah Swt. Mohon maaf lahir dan batin ayah dan ibu.
  5. Selamat menyambut lebaran ayah dan bunda. Izinkan putrimu ini memohon ampun atas segala salah dan kurangnya selama ini. Semoga di lebaran berikutnya kita bisa berkumpul bersama.
  6. Abi dan Ummi, aku rindu kepada kalian, juga dengan rumah tempatku tumbuh besar. Maaf ananda belum bisa pulang kampung. Mohon maaf lahir dan batin serta selamat lebaran!

1 komentar untuk "Ucapan Idul Fitri"

  1. The repository how hosts an Biometric Door Locks incredible vary of STL information you could obtain at no cost, with no registering necessary. A simple 3D Model of a hand-press clay stamp is created step-by-step in 3D CAD design software. Click right here to obtain this 3D Model file in STL, OBJ, STEP, and IGES formats. Both file sorts are linked by practical application; you design a mannequin in CAD, reserve it, then export it to a file sort that accommodates data for the 3D printer (e.g. OBJ). You then slice the file, creating g-code for the 3D printer. This format just isn't as extensively used as .STL, nonetheless the fact that|the reality that} it accommodates color data means it undoubtedly has its place.

    BalasHapus